Karet Elastomer Bantalan Jembatan

Karet Elastomer Bantalan Jembatan
 Karet Elastomer Bantalan Jembatan

 Dengan berkembangnya tekhnologi dalam berbagai bidang, tidak ketinggalan pula dibidang Tekhnik Sipil Khususnya Konstruksi Jembatan yang saat ini sudah berkembang pesat di Indonesia. Dimana salah satu komponen penahan beban Girder sudah banyak menggunakan Karet Elastomer Bantalan Jembatan. Dimana Karet Elastomer Jembatan (Elastomeric Bearing Pads) sudah diharuskan pemakaiannya dalam konstruksi Jebatan, Fly Over (High Way) dan konstruksi lainnya.

Jual karet bantalan jembatan, harga karet bantalan jembatan, elastomer bantalan karet jembatan, jual karet elastomer jembatan, harga karet elastomer jembatan, karet elastomer jembatan karet jembatan, karet jembatan surabaya, jembatan karet mp3, karet bantalan jembatan, jual karet jembatan, harga karet jembatan, karet dudukan jembatanFungsi dari Karet Elastomer Bantalan jembatan (Elastomeric Bearing Pads / Rubber Bearing Pads) Tersebut adalah menahan beban antara Beton Pondasi & Girder. Sehingga dengan pemakaian Karet Elastomer Jembatan tersebut keretakan atau pun pecahnya Girder yang diakibatkan oleh tekanan Girder pada beton dapat diminimalisir oleh Karet Bantalan Jembatan yang terpasang pada pondasi konstruksi jembatan tersebut.

Pada umumnya type Karet Tatakan Jembatan (Karet Bantalan Jembatan) ada 2 Type, yaitu Polos & Plate. Type polos adalah Karet Elastomer Jembatan yang diproduksi tanpa ada plat baja yang tertanam didalamnya. Sedangkan Karet Bantalan Jembatan ( Elastomer Jembatan ) type Plate adalah jenis Karet Elastomer ( Karet Tatakan Jembatan ) yang diproduksi dengan tertanam Plat Baja didalamnya. Diproduksi dengan system Vulkanisasi Khusus pada Karet dan plate. Sistem perekat antara karet & plat divulkanisasi dengan tekanan tinggi sehingga kekuatan dan penyatuan antara karet dengan plat baja tersebut sangat kuat.
Jual karet bantalan jembatan, harga karet bantalan jembatan, elastomer bantalan karet jembatan, jual karet elastomer jembatan, harga karet elastomer jembatan, karet elastomer jembatan karet jembatan, karet jembatan surabaya, jembatan karet mp3, karet bantalan jembatan, jual karet jembatan, harga karet jembatan, karet dudukan jembatanUkuran dan penentuan jenis kebutuhan Karet Elastomer Bantalan Jembatan tersebut disesuaikan dengan kebutuhan di proyek, karena ukuran sangat bervariasi tergantung dari Beban Jembatan, Beban Kendaraan yang melewati jembatan tersebut baik beban vertical maupun beban horizontal. Dan standart  ukuran Karet Elastomer Jembatan (Elastomeric Bering Pads) dari Kementrian Pekerjaan Umum ada tiga (3) Jenis yaitu : Jenis I 300 X 350 X 36 mm Jenis II 400 X 350 X 39 mm Jenis III 400 X 450 X 45 mm.
Dan banyak dari kontraktor BUMN ataupun Swasta yang menggunakan Karet Bantalan Jembatan ( Rubber Bearing Pads ) dengan Jenis ataupun type ukuran yang berbeda karena disesuaikan dengan kebutuhan proyek dilapangan. Kami sebagai Produsen Karet Elastomer Jembatan dapat menyesuaikan permintaan dari kontrakor untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk kemajuan Konstruksi di Indonesia.

Website Perusahaan  
  








Elastomeric Bearing Pad : Istilah dan Fungsi -

     Elastomeric Bearing Pads atau Karet Bantalan Jembatan, merupakan salah satujenis dari bantalan penahan beban Jembatan. Karet Elastomer Jembatan diperlukan untuk menyalurkan reaksi girder (balok penopang jembatan) tanpa memberi tekanan berlebihan sehingga akan mendukung fungsi Jembatan sebagaimana mestinya. 
 
       Elastomeric Bearing Pads terbagi menjadi dua jenis, yaitu Plain Bearing Pad (hanya terdiri dari elastomer) dan Laminated (Steel Reinforced) Bearing Pad (terdiri dari lempengan baja untuk membantu menahan daya dan dilekatkan bersama dengan elastomer).

Elastomer Polymer
(A)  polimer tanpa diberi tekanan;
(B)  polimer yang diberi tekanan.
 Ketika tekanan dihilangkan,
maka akan kembali ke bentuk semula,
 seperti gambar A.
(Titik-titik menandakan ikatan silang)
         Elastomer sendiri merupakan suatu polimer dengan viskoelastisitas yang memiliki modulus Young yang rendah dan yield strain yang tinggi dibanding dengan jenis lain. Istilah Elastomer diperoleh dari kata polimer elastis, atau bisa dikenal sebagai karet, meskipun karet lebih dikaitkan dengan istilah vulkanisat. Setiap monomer yang terikat satu sama lain membentuk suatu polimer yang terdiri dari karbon, hidrogen, oksigen, dan atau silikon. Pada temperatur ruangan, karet bersifat relatif lembut dan dapat diubah bentuknya.  Rantai polimer yang panjang dan bersilangan terbentuk dengan proses vulkanisasi. 

  
           Struktur molekul dari elastomer dapat diumpamakan seperti “spageti dan bola daging” dengan “bola daging” yang menandakan persilangan. Sifat elastis diperoleh dari kemampuan rantai panjang untuk mengatur rantai-rantai tersebut kembali ke bentuk atau susunan semula ketika tekanan dilepaskan. Sebagai efek dari sifat fleksibel yang eksrim ini, elastomer dapat ditarik ulur memanjang dan melebar sampai 5-700%, tergantung dari sifat materialnya. Tanpa rantai yang saling bersilangan, rantai-rantai molekul elastomer tidak dapat dengan mudah kembali ke susunan semula, sehingga apabila diberi tekanan akan berubah bentuk secara permanen. Temperatur juga mempengaruhi sifat elastisitas polimer. Elastomer yang didinginkan menjadi fase kristalin akan memiliki rantai yang bersifat sulit bergerak dan kurang elastis. Beberapa contoh dari elastomer, yaitu Natural polyisoprene/cis 1,4-polyisoprene Natural Rubber dari golongan karet tidak jenuh, dan EPM (ethylene propylene rubber) dari golongan karet jenuh. 

                Dari sifat elastomer yang diuraikan di atas, dapat disimpulkan bahwa elastomeric bearing pad bersifat elastis dan fleksibel. Bearing pad jenis ini akan mengikuti alur tekanan yang diberikan pada jembatan, memanjang dan memendek, dan dapat kembali ke bentuk semula ketika tekanan dilepaskan. Elastomeric bearing pad didesain untuk menyangga beban dan mengakomodasi pergerakan antara  jembatan dan struktur penyangga jembatan. Elastomeric bearing pad memiliki kegunaan membantu menahan tekanan dari struktur girder.

Bridge
Bridge
Pada jembatan, seringkali  dapat terjadi pergerakan disebabkan karena :
  • Perubahan temperatur
  • Pergerakan karena lalu lintas dan pengereman
  • Angin
  • Penyusutan
  • Post stressing
  • Seismic action

     Elastomeric bearing pad ( Karet Elastomer Jembatan) berfungsi untuk menampung berbagai macam pergerakan dan rotasi sesuai dengan berat dari struktur dan menyangga beban di sepanjang fondasi struktur jembatan.  Karet Bantalan Jembatan didesain untuk mengakomodasi atau menahan tiga tipe pergerakan, antara lain :

 1.       Beban vertikal
  1. Beban Vertikal
    Beban Vertikal
Vertical Load Resisted
Vertical Load Resisted

2.       Rotasi
Beban rotasi Elastomeric Bearing Pad
Beban Rotasi Elastomeric Bearing Pad
Rotation Permitted
Rotation Permitted










 

3.       Beban horizontal atau translasi
Beban horizontal Elastomeric Bearing Pad
Beban Horizontal Elastomeric Bearing Pad
horizontal load resisted / translation permitted
Horizontal Load Resisted / Translation Permitted